Informasi Dunia Islam

Informasi Mengenai A Quran dan Dunia Islam lainnya

Apa itu Tahsin Quran?

Belajar Tahsin?

Ya, membaca Al-Quran adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam. Oleh sebab itu membaca dan mempelajari tentang Al-Quran wajib hukumnya bagi setiap umat muslim. Tidak cukup hanya dengan membaca saja, Al-Quran juga harus dipelajari. Setiap umat muslim wajib untuk belajar dan mengamalkan mengenai ajaran apa saja yang terdapat di dalam Al-Quran.
Saat mempelajari Al-Quran juga tidak dapat dilakukan dengan sembaragan. Terdapat ilmu-ilmu yang wajib untuk dipelajari ketika dalam proses belajar Al-Quran. Di antara ilmu tersebut adalah tahsin Quran.

Apa itu Tahsin Quran?


Tahsin Quran dalam Islam memiliki sebuah makna jika di dalam membaca Al-Quran haruslah dilakukan dengan benar. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keaslian praktik dakwah yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu belajar tahsin adalah sebuah hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Lihat Juga: guru ngaji privat

Tahsin sendiri di Bahasa Arab memiliki arti memperbaiki/memperkaya/menguatkan. Tahsin Quran bisa dapat diartkan sebagai penyempurnaan dari hal-hal yang memiliki kaitan dengan kesempurnaan lafaz pengucapan dari huruf-huruf Al-Quran juga menyempurnakan saat pengucapan hukum hubungan antara huruf dengan huruf lainnya (contohnya seperti ikhfa, idzhar, idgham dan lain-lain).

Hukum belajar Tahsin
Hukum belajar Tahsin atau belajar ilmu Tahsin atau Ilmu Tajwid sebagai sebuah disiplin ilmu di dalam belajar Al-Quran merupakan fardu Kifayah. Sementara hukum dari membaca Al-Quran dengan menggunakan aturan dari ilmu tajwid adalah Fardu ain. Dengan hal tersebut, membaca Al-Quran dengan memakai tajwid hukumnya adalah wajib.

Siapa saja yang di dalam membaca Al-Quran tidak memakai hukum dari tajwid makan hukumnya adalah menjadi dosa. Oleh sebab itu pada proses membaca Al-Quran yang benar, diwajibkan juga untuk mempelajari ilmu tajwid supaya adanya kesempurnaan ketika membaca Al-Quran.

Manfaat dari Tahsin Quran
Manfaat Tahsin Quran di antaranya adalah :
1.Cermin dari keimanan seorang umat Islam terhadap Al-Quran.
2.Mencapai sebuah kualitas tinggi dalam mempelajari Al-Quran.
3.Mencapai sebuah kualitas tinggi dalam membaca Al-Quran.
4.Menghindari kesalahan ketika membaca AL-Quran.
Itu tadi merupakan penjelasan dari apa itu Tahsin Quran. Semoga bisa membantu

Artikel Menarik Lainnya: belajar membaca huruf hijaiyah


  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Apa itu Tahsin Quran?
      Komentar(0)